googlebec3e20e0727f0b8.html Membangun Konsep Perancangan dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Lokakarya 2 PSP - SMP NEGERI 4 SATU ATAP KARANGJAMBU
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Konsep Perancangan dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Lokakarya 2 PSP

 


Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah kembali melaksanakan Lokakarya 2 Program Sekolah Penggerak dengan tema Perencanaan Pembelajaran 2 tentang Perancangan dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila yang berlangsung di SMA Negeri 2 Purbalingga kabupaten Purbalingga, Minggu (1/10/2023).

Dalam lokakarya 2 ini bertujuan agar Kepala sekolah dan guru memahami perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berpusat pada murid, kemudian Kepala sekolah dan guru memahami prinsip utama fasilitasi perancangan dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, lantas Kepala sekolah dan guru memahami keterampilan dan kemampuan kunci fasilitasi perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.


Salah satu Fasilitator sekolah penggerak, Ibu Kusriningsih menyampaikan kegiatan Lokakarya perencanaan pembelajaran 2 program sekolah penggerak hari ini berfokus pada Perancangan dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila.

“Dengan lokakarya 2 ini diharapkan sekolah dapat merevisi dan menambahkan detail teknik fasilitasi yaitu pertanyaan pemantik dan rencana kegiatan diskusi pada rancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah disusun saat Pelatihan Komite Pembelajaran” Tambahnya.


Darsono, Salah satu peserta menyampaikan bahwa dalam lokakarya 2 ini ada banyak kegiatan selain materi yang disampaikan, juga melibatkan diskusi kelompok di mana para peserta diberi kesempatan untuk merancang dengan baik tentang P5.

“Saya merasa sangat senang mengikuti kegiatan lokakarya ini, selain sebagai ajang silaturahmi dengan bertatap muka secara langsung juga saya dapat berkumpul dengan orang-orang hebat. Berkumpul dengan guru-guru hebat sesuai dengan bidangnya masing-masing semakin membuka pola pikir dan cara pandang saya dalam menerapkan ilmu yg saya dapatkan dalam pembelajaran khususnya tentang perencanaan P5 di sekolah” Tambahnya.


Di akhir lokakarya ini sekolah diperintahkan untuk mengulas dan membuat rencana perbaikan rancangan proyek penguatan profil pelajar Pancasila serta hasil akhirnya adalah Revisi rancangan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan detail teknik fasilitasi yaitu terdapat pertanyaan pemantik dan rencana kegiatan diskusi.

2 komentar untuk "Membangun Konsep Perancangan dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Lokakarya 2 PSP"